Selamat Datang Di Website Resmi KPU Kabupaten Dharmasraya Prov. Sumbar

PENDALAMAN MATERI DRAFT PERATURAN KPU TENTANG TATA CARA PEMUNGUTAN DAN PENGHITUNGAN SUARA

Persiapan_Bimtek_1P.Punjung; kpud-dharmasrayakab.go.id - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dharmasraya menyelenggarakan kegiatan Persiapan Pelaksanaan Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara yang berlangsung hari Senin (2/12) di Gedung Awak Juo - Gunung Medan, Kabupaten Dharmasraya.

 

Kegiatan yang diikuti para ketua PPK dan PPS se-Kabupaten Dharmasraya ini dilaksanakan dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) atau Diskusi Kelompok Terarah di mana tiap kelompok mendapatkan materi permasalahan yang berbeda-beda dari rancangan Peraturan KPU tentang pemungutan dan penghitungan suara untuk dibahas secara mendalam.

Ketua Panitia, Ismet Arif, A.Ma.Pd, menyatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan pendalaman materi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di kalangan PPK dan PPS se-Kabupaten Dharmasraya. Adapun tujuannya adalah untuk memperoleh masukan yang bermanfaat bagi penyempurnaan draft atau rancangan Peraturan KPU tentang tata cara pemungutan dan penghitungan suara.

Dalam penyampaian arahannya, Koordinator Divisi Teknis KPU Kabupaten Dharmasraya, Halimatus Sa’diah, S.Pd.I, M.Pd., menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan persiapan bimbingan teknis ini dilatarbelakangi oleh hasil evaluasi Pemilu 2004 dan 2009 yang mengharuskan adanya upaya peningkatan kualitas kompetensi penyelenggara dan kualitas administrasi pemilu. Hal ini disebabkan karena banyak catatan yang ditemukan dalam pemilu sebelumnya berawal dari pemahaman yang kurang maksimal dalam pengadministrasian hasil pemilu pada penyelenggaraan tingkat bawah, yakni di TPS (Tempat Pemungutan Suara). Di sisi lain, formulir yang disediakan terlalu rumit, sementara biaya dan waktu untuk bimbingan teknis KPPS sangat terbatas.

Untuk itu, lanjut Halimah, perlu dilakukan upaya maksimal melalui aturan. Dalam hal ini diperlukan cuplikan-cuplikan pengalaman dari PPK dan PPS baik dalam memahami aturan pemungutan dan penghitungan suara maupun dalam hal kompleksitas formulir yang disediakan.Persiapan_Bimtek_2

Peserta dibagi menjadi empat kelompok. Kelompok Satu membahas draft Ketentuan Umum dan Pemilih. Kelompok Dua mendapat tugas membahas rancangan Pemungutan Suara. Kelompok Tiga mendalami materi tentang Penghitungan Suara. Sedangkan kelompok empat membahas tentang formulir Model C-1 sampai dengan C-6.

Kegiatan ini berhasil menelurkan poin-poin masukan dan saran untuk penyempurnaan draft Peraturan KPU tentang tata cara pemungutan dan penghitungan suara. Hasil FGD ini selanjutnya segera disampaikan kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Sumatera Barat. (jts/hupmas)

PPID

seleksi kpu sumbar

seleksi kpu kab-kota

  Follow kami di @kpudharmasraya

 logo fblogo twiter